PEMBUATAN SABUN DARI SHORTENING


Tujuan

Mengamati reaksi hidrolisis ester yang dikatalis oleh basa

Alat

- alat gelas standar lab                       
- beaker 150 ml
- hot plate and magnetic stirer            -
- ice bath

Bahan

- shortening (Crisco)                                         - NaOH
- NaCl                                                               - aquadest
- etanol

Cara Kerja

1.    Masukkan 4 gram solid shortening (seperti Crisco) ke dalam beker 50 ml, lalu tambahkan 15 ml etanol dan stir dengan panas suhu rendah.
2.    Pada tempat yang terpisah, letakkan 2 g NaOH, lalu tambahkan air 10 ml dan stir untuk melarutkannya. Larutan akan menjadi panas. Kemudian tuangkan larutan etanol ke beker yang mengandung NaOH, lalu letakkan ke dalam magnetic stirer dengan suhu panas rendah. Panaskan campuran 30 menit dengan magnetc stirer. Sebaiknya letakkan cover glass untuk mencegah penyemburan.
3.    Pada saat yang bersamaan, dalam beaker 150 ml, larutkan 12 g NaCl dalam 50 ml air, dinginkan larutan di dalam ice bath, pada akhir periode pemanasan, tuangkan larutan saponifikasi ke dalam larutan garam yang dingin tersebut. Kumpulkan produk dengan filtrasi vacum.
4.    Untuk memisahkan residu NaOH, pindahkan sabun dalam beaker tersebut, stir dengan menggunakan sedikit air es, dan saring lagi. Peringatan : jangan gunakan banyak air untuk mencegah sabunnya melarut. Keringkan dan pres menjadi lempengan dengan paper towel.
5.    Cuplikan sabun bisa digunakan untuk pengujian. Biarkan sisanya mengering di dalam meja anda untuk diperiksa pada minggu berikutnya.

Pengujian sabun:
di dalam labu erlenmeyer 250 ml, larutkan 0.3 g sabun di dalam 20 ml aquadest. Tutup  labu dan guncang kuat selama 10 detik untuk membuat sabun; amati sabun tersebut selama 1 menit. Selanjutnya tambahkan 6 tetes larutan  MgSO4 5%, guncang, dan catat efeknya. Akhirnya tambahkan trisodium fosfat (1 g), guncang lagi, dan amati, serta catat hasilnya.

Pengujian deterjen:  
Pada labu erlenmeyer, larutkan 0.3 gram deterjen padat dalam 20 ml air, guncang selama 10 detik, dan amati sabunnya selama 1 menit. Tambahkan 6 tetes larutan MgSO4 5%, guncang dan catat efeknya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH SOAL TENSES

DIBESARKAN KANTONG AJAIB DORAEMON

SEJARAH DESA SUKAMANDIJAYA